26 September 2009

Kunjungan Zionis, AS Siap Serang Iran Dengan Kekuatannya

Kunjungan Zionis, AS Siap Serang Iran Dengan Kekuatannya

Senin, 16 Maret 2009 15:57

AS dan Israel berulang kali melontarkan ancaman untuk melakukan tindakan militer terhadap Iran, jika Negeri Para Mullah itu menolak untuk menghentikan program nuklirnya.

AS dan Israel berulang kali melontarkan ancaman untuk melakukan tindakan militer terhadap Iran, jika Negeri Para Mullah itu menolak untuk menghentikan program nuklirnya.
AMERIKA (SuaraMedia) Kepala Staff Angkatan Bersenjata Israel, Letnan Jenderal Gabi Ashkenazi saat mengunjungi AS untuk membahas masalah serang nuklir Iran dengan pemerintahan Barack Obama.

Sumber-sumber di militer Israel mengatakan, Jenderal Ashkenazi akan melakukan kunjungan selama lima hari ke AS dan ia dijadwalkan bertemu dengan penasehat Keamanan Nasional AS, Jenderal James Jones dan pejabat-pejabat AS lainnya.



Sikap AS di bawah pemerintahan Obama juga tidak berubah. Perbincangan tentang kemungkinan AS memilih opsi militer terhadap Iran kembali mencuat, menyusul kunjungan Kepala Staff Angkatan Bersenjata Israel, Gabi Ashkenazi ke AS untuk membahas apa yang ia sebut sebagai "ancaman Iran."

Kepala Staff Gabungan Militer AS, Laksamana Mike Mullen mengatakan bahwa militer AS siap jika pilihannya adalah opsi militer, meski ia mengaku khawatir dengan konsekuensi-konsekuensi yang bakal dihadapi militer AS jika jadi menyerang Iran.

Dalam wawancara akhir pekan kemarin, Mullen mengatakan bahwa militer AS memiliki "kekuatan-kekuatan yang sangat strategis" yaitu angkata udara dan angkatan laut. Kedua angkatan ini, menurut Mullen, bisa diandalkan untuk melakukan serangan tersebut.

"Kami punya kapasitan untuk melakukan serangan. Pasukan darat saya memang mengalami stress, tapi kami punya cadangan kekuatan yang sangat strategis di angkatan udara dan angkatan laut kami, yang merupakan bagian dari kekuatan udara di dunia, bagian dari kekuatan maritim di dunia, dan penekanan akan dilakukan pada kedua angkatan tersebut," jelas Mullen.

Meski demikian, Mullen mengaku khawatir dengan konsekuensi yang harus dihadapi AS jika menyerang Iran. Serangan AS akan membahayakan kepentingan AS di negara-negara yang kaya minyak dan AS berpotensi menghadapi "balasan" tak terduga.

"Apa yang saya khawatirkan terkait wacana serangan terhadap Iran, adalah efek dari serangan, konsekuensi yang mungkin tidak kita duga akan terjadi. Saya khawatir dengan respon yang akan kita terima dan kemungkinan meluasnya konflik yang tidak pernah kita prediksikan sebelumnya," papar Mullen.

"Opsi serangan militer akan menimbulkan potensi resiko yang tinggi di kawasan dan hal ini yang membuat saya khawatir," sambung Mullen.

AS dan Israel berulang kali melontarkan ancaman untuk melakukan tindakan militer terhadap Iran, jika Negeri Para Mullah itu menolak untuk menghentikan program nuklirnya. Kepala Staff Militer Israel, Letnan Jenderal Gabi Ashkenazi bahkan secara khusus berkunjung ke AS untuk membahas apa yang disebutnya sebagai "ancaman Iran".

Media massa Israel melaporkan, Ashkenazi membahas "ancaman" tersebut dengan Dennis Ross, pejabat bidang pengembangan pertahanan dan penasehat khusus kementerian luar negeri AS untuk kawasan Teluk Persia dan Asia Barat Daya.

Meskipun negara-negara Barat yang lain meragukan kemampuan militer Israel untuk menyerang Iran, AS mengisyaratkan bersedia melibatkan diri secara sukarela atau terpaksa jika memang terjadi perang dengan Iran. Presiden baru AS Barack Obama yang semula menyatakan akan mengambil langkah diplomasi untuk menyelesaikan pertikaian tentang nuklir Iran, malah menyatakan akan memperluas sanksi terhadap Iran.

Perkembangan di Israel sendiri, tidak menunjukkan akan adanya perubahan sikap terhadap isu nuklir Iran. Benjamin Netanyahu, yang menjadi calon kuat perdana menteri baru Israel dikenal sebagai "Mr. Iran" dan sejak lama menyatakan akan "melakukan apapun yang dianggap penting" untuk menghentikan program nuklir Iran. (sm/ermprtv) http://www.suaramedia.com

http://www.suaramedia.com/berita-dunia/benua-amerika/5206-kunjungan-zionis-as-siap-serang-iran-dengan-kekuatannya.html
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Site

Label 1

Label 2

Comment Box

Labels