25 September 2009

Muammar Gaddafi Kecam DK-PBB, saat berpidato di Majelis Umum PBB

Muammar Gaddafi Kecam DK-PBB

Kamis, 24 September 2009 - 13:30 wib

Nurfajri Budi Nugroho - Okezone

Gaddafi saat berpidato di Majelis Umum PBB

NEW YORK - Presiden Libya menyerang anggota permanen Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK-PBB) saat berbicara untuk pertama kalinya di Majelis Umum lembaga tersebut.

Dalam pidato sepanjang satu setengah jam di New York, Muammar Gaddafi mengatakan hak veto lima anggota tetap PBB --Inggris, AS, Prancis, China, Rusia-- telah mengabaikan pandangan seluruh 192 anggota Majelis Umum dan prinsip-prinsip Piagam PBB.

"Mukadimah (dari Piagam PBB) mengatakan seluruh negara sejajar, apakah mereka kecil atau besar," kata Gaddafi.

Dia juga menuding lima anggota tetap DK-PBB mengabaikan negara-negara lainnya. "Veto bertentangan dengan Piagam PBB. Kami tidak menerima dan tidak mengakuinya," tegas Gaddafi, dikutip dari Reuters, Kamis (24/9/2009).

"Dewan Keamanan tidak memberikan kami keamanan, melainkan teror dan sanksi. Hak veto harus dibatalkan," cetusnya. Menurut dia, DK-PBB gagal mencegah atau menghalangi 65 perang yang terjadi semenjak PBB berdiri tahun 1948.

Tampil berjubah warna tembaga dengan emblem Afrika di dadanya, pemimpin Libya itu menjatuhkan salinan piagam di podium beberapa kali, sebelum memukulkannya di pundak.

Dalam kesempatan tersebut, Gaddafi menyampaikan sejumlah materi, dari pembunuhan terhadap mantan Presiden AS John F Kennedy, invasi AS ke Granada, dan obat-obatan gratis bagi anak-anak dunia.

Pidato sepanjang 1 jam 35 menit ini bukanlah yang terlama. Pada 1960 pemimpin Kuba Fidel Castro pernah mengutuk imperialisme AS selama empat jam.

Sejumlah delegasi tampak meninggalkan gedung pertemuan, dan pemimpin Libya itu mengeluhkan para hadirin yang kelelahan. "Tolong, bisakah saya mendapat perhatian anda. Anda semua kelelahan, mengalami jet lag. Anda semua kelelahan. Anda semua tertidur."(jri)
http://international.okezone.com/read/2009/09/24/18/259575/muammar-gaddafi-kecam-dk-pbb
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Site

Label 1

Label 2

Comment Box

Labels