25 January 2010

Amnesty Internasional: Blokade Israel Mencekik Rakyat Gaza

Amnesty Internasional: Blokade Israel Mencekik Rakyat Gaza

Diposting pada Senin, 18-01-2010 | 22:37:25 WIB

Israel harus menghentikan blokade yang begitu menyekik penduduk Jalur Gaz dimana mereka harus bertahan didalam "hukuman kolektiv", demikian pernyataan kelompok Amnesty International dalam sebuah laporan berkenaan dengan 1 tahun peringatan serangan brutal Israel atas Gaza tahun lalu.
"Blokade ini mencekik hampir setiap aspek kehidupan penduduk Gaza, yang lebih dari setengahnya adalah anak-anak," ujar Malcom Smart, direktur Amnesty Interntional untuk Timur Tengah dan Afrika Utara, Senin 18 Januari.
Israel telah melakukan blokade atas wilayah Jalur Gaza setlah Hamas memenangkan pemilu tahun 2006 dan diperketat lagi tahun 2007 setelah Hamas benar-benar mengontrol Jalur Gaza.
Tak hanya wilayah yang diblokade, embargo ekonomi pun turut dijatuhkan kepada penduduk Gaza sehingga disebut sebagai "hukuman kolektiv". Zionis Israel semakin menunjukkan kebejatannya dengan juga menghalangi bantuan yang masuk termasuk kiriman bahan-bahan yang tidak membahayakan seperti sabun, keju, pasta gigi dan tisu toilet sekalipun.
"Kenyataannya bahwa blokade tersebut tidak hanya menargetkan kelompok bersenjata tapi malah 'menghukum' seluruh penduduk Gaza dengan melarang masuknya bahan makanan, suplai medis, peralatan pendidikan dan bahan bangunan."
Blokade ini membuat 1.5 juta penduduk Palestina di Gaza terkungkung dari dunia dan berjuang dalam kemiskinan yang sangat menyedihkan. imbasnya, pengangguran pun merajalela.
Pernyataan ini dikeluarkan dalam 'peringatan' setahun serangan brutal penjajah Israel atas Gaza tahun lalu. lebih dari 1.400 jiwa termasuk 437 diantaranya anak-anak menjadi korban yang meninggal dan lebih dari 5.000 jiwa terluka dengan meninggalkan cacat yang memorihatinkan.
[muslimdaily.net/iol]

http://www.muslimdaily.net/berita/internasional/4868/amnesty-internasionalblokade-israel-mencekik-rakyat-gaza
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Site

Label 1

Label 2

Comment Box

Labels