10 February 2010

Diet okinawa:resep hidup sehat dan berkwalitas sampai tua

Diet okinawa:resep hidup sehat dan berkwalitas sampai tuaAug 23, '06 11:28 AM
for everyone
Category:Other
“Ani san, yatte mite ne. Kouna.” Oobayashi memberikan instruksi sambil memberikan contoh gerakan membungkukkan badan dgn kaki merapat dan seluruh permukaan tangan menyentuh lantai.

Upps...akhirnya giliranku deh! Akhirnya aku mencoba perlahan-lahan gerakan yg diminta sensei. Aduuuuh, susah juga ya apalagi ketahuan deh aku jarang senam. Tapi.....hup...huuup....ganbatte, malu niih dengan Oobayashi sensei yg sudah berusia 77 tahun tapi masih lentur utk melakukan beberapa gerakan seperti itu.

Kejadian ini bukan di sebuah sport center tapi di kelas ikebana sabtu kemarin. Ya, senseiku yg berusia sudah lumayan senja tapi masih tetap sehat bugar. Berdiri masih tegap, mata masih awas, tekanan darah normal, tidakmemiliki penyakit degeneratif dan masih sanggup melakukan gerakan senam secara sempurna. Selepas merangkai bunga, sensei memang terbiasa melakukan streching di kelas.

*********
Oobayasi sensei adalah salah satu contoh suksesnya para lansia Jepang meningkatkan kwalitas hidupnya sampai usia senja. Tapi tahukah anda bahwa penduduk Okinawa mempunyai harapan hidup dan harapan sehat tertinggi di dunia?

Penduduk Okinawa yg berada di sebelah selatan Jepang ini, memiliki angka tertinggi di dunia utk jumlah penduduk berusia 100 tahun lebih. Disamping harapan hidup (life expectancy) tertinggi, harapan sehat (health expectancy)pun tertinggi di dunia. Tak heran para lansia Okinawa dgn usia harapan hidup yg rata-rata 81,2 tahun memiliki angka terendah utk penyakit kronis dan penyakit degeneratif seperti kepikunan, osteoporosis dll.

Usia menopause pada wanita Okinawa 10 tahun lebih lambat dibandingkan penduduk di negara barat. Penduduk Okinawa juga memikiliki kekompakan tulang yg sangat baik. Sehingga angka fraktur (patah tulang) 40% lebih sedikit dibandingkan penduduk lansia Amerika.

Pola makan penduduk Okinawa adalah:
1. banyak mengkonsumsi kacang, sayur-sayuran, buah-buahan, ikan laut, rumput laut, makanan khas Okinawa spt ukon (sejenis kunyit), cuka hitam
2. Alkohol dibatasi dan lebih memilih banyak minum air putih dan ocha (teh hijau).
3. membatasi konsumsi lemak hewani dan nabati. Minyak canola dan jenis biji-bijian lainnya adalah pilihan yg disukai krn termauk dalam asam lemak tidak jenuh tunggal shg membebaskan dari kolesterol dan trigliserida berlebih.
4. konsumsi garam yg rendah hanya 3 sendok teh sehari
5. prinsip makan hara hachi bu (makan minum hingga 80% kenyang) agar terhindar dari obesitas (kegemukan)
6. sedapat mungkin menghindari konsumsi makanan olahan yg ditambah dgn zat kimia. Walaupun fast food tersebar di pelosok Okinawa, mereka tetap tidak tertarik utk mengkonsumsi junk food ini. Fast food lebih banyak dikonsumsi oleh para turis yg datang utk menikmati keindahan pulau Okinawa.
7. pengolahan makanan lebih banyak dgn direbus atau dimasak spt sup miso dgn sedikit minyak (ditumis).
Piramida makanan untuk diet okinawa seperti ini

Gaya hidup:
1. melakukan aktivitas fisik yg ‘membakar’ lemak seperti bercocok tanam di ladang, jalan kaki, bersepeda
2. rendahnya stress krn hubungan sosial yg terjalin dan tidak bergaya individualistis seperti di kota-kota besar. Ketenangan ini juga karena nilai religius yang dijalankan dengan baik.
3. kegemaran membaca dan belajar hal-hal yg ringan dan menyenangkan
4. onsen (berendam di air panas) utk relaksasi tubuh dan pikiran
5. menjauhi rokok

Makan dalam Islam

Jika kita perhatikan apa yang ada dalam program diet Okinawa, sebenarnya sudah disampaikan oleh Rasulullah 14 abad yang lalu.

"Hai manusia! Makanlah dari apa-apa yang ada di bumi ini yang halal dan baik, dan jangan kamu mengikuti jejak syaitan karena sesungguhnya syaitan itu musuh yang terang-terangan bagi kamu." (al-Baqarah: 168)

Panduan hukum islam jelas, makanan disamping halal haruslah juga thoyib (baik) bagi individu tersebut. Islam menghendaki ummatnya tidak hanya sebatas memperhatikan aspek halal tapi juga memperhatikan aspek kethayiban atau kemaslahatan juga. Pola makan yang baik akan mendukung kwalitas hidup yang baik, dan akhirnya bisa mendukung optimalisasi ibadah baik yg bersifat habluminallah (hubungan dgn Allah) maupun habluminannas (hubungan dgn manusia).

Contoh makanan halal tapi tidak thayib adalah emping bagi penderita gout artritis( asam urat). Emping halal bagi yang sehat tapi menjadi tidak thayib karena memicu serangan asam urat bagi penderitanya.

Rasulullah sendiri menganjurkan agar makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang. Tersirat suatu pesan moral yg dalam agar kita tidak berlebihan bila makan. Jika makan dalam keadaan lapar akan mendorong seseorang untuk makan dgn lahap dan boleh jadi melampaui batas.
Allah menghendaki agar kita proporsional dalam memenuhi hak anggota tubuh. Allah amat murka terhadap orang yg berlebihan termasuk berlebihan dalam makan dan minum.

"Makan dan minumlah dan jangan berlebih-lebihan.Sesungguhnya Allah tidak senang terhadap orang yang berlebih-lebihan (QS Al-A'raf [7]: 31).

Prinsip hara hachi bu-nya penduduk Okinawa amat sejalan dgn hadist nabi:

"Tidak ada yang dipenuhkan manusia lebih buruk dari perut, cukuplah bagi putra Adam beberapa suap yang dapat menegakkan tubuhnya. Kalaupun harus (memenuhkan perut), maka hendaklah sepertiga untuk makanan,
sepertiga untuk minuman, dan sepertiga untuk pernafasan"
(HR Ibnu Majah dan Ibnu Hibban, dan At-Tirmidzi )

Salah satu hikmah diharamkannya alkohol adalah dampak buruknya bagi kesehatan.
"Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya khamr, judi, berkorban untuk berhala dan mengundi nasib adalah kekejian, termasuk perbuatan setan. Jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu sukses" (QS 5:90).

Allah juga memnjanjikan hambanya yg selalu mengingatnya akan diliputi dgn ketenangan bathin.
“Orang-orang yang beriman dan tenang tenteram hati mereka dengan zikir kepada Allah. Ketahuilah! Dengan zikir kepada Allah itu, tenang tenteramlah hati manusia” (Surah Al-Ra‘ad: 28)

Apalah artinya masalah yg dihadapi dalam kehidupan ini, jika hati senantiasa diliputi ketenangan bathin. Dengan ketenangan setiap masalah yg dihadapi dapat disikapi secara bijaksana. Karena keyakinan bahwa Allah selalu
memberikan pertolongan kepada hambanya yang selalu mendekatkan diri kepada-Nya.

Allah juga tidak melarang kita menikmati hiburan sepanjang hiburan itu tidak keluar dari rambu-rambu syariat. Alunan ayat suci Al Qur’an, shalawat yg memuji nabi, lagu penyemangat jihad, puisi atau syair yg melembutkan hati dapat menambah rasa penghambaan kepada Allah.
“Sesungguhnya Allah itu indah. Dia suka keindahan”. (H.R muslim)

Penutup

Fakta ilmiah telah dijabarkan. Dalil Al qur'an dan hadistpun ternyata sejalan dengan fakta yang ada. Tinggal kita putuskan sendiri kwalitas hidup seperti apa yang akan mengiringi amanah Allah yang bernama umur ini?
Umur adalah rahasia Allah tapi menjaga kesehatan adalah suatu keharusan karena menjaga ksehatan adalah bagian dari mensyukuri nikmat Allah.
Mari....tingkatkan kwalitas hidup dari sekarang!

Referensi:
1.Okinawa balanced diet
2.The Okinawa centenarian study 

http://anibowo.multiply.com/reviews/item/11
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Site

Label 1

Label 2

Comment Box

Labels