21 March 2010

AS, UE, dan Rusia Kecam Israel

AS, UE, dan Rusia Kecam Israel

Moskow | Saturday, 20/03/2010 16:03 WIB | Oleh: Khatami Ibrahim (0) komentar
Kelompok Kuartet untuk Timur Tengah yang bertemu di Moskow meminta Israel menghentikan pembangunan permukiman Yahudi. Amerika Serikat, Uni Eropa, dan Rusia menggelar pertemuan dengan Sekjen PBB Ban Ki-moon di tengah ketegangan terkait pengumuman Israel mengenai pembangunan tempat permukiman Yahudi baru di Jerusalem Timur.
Israel sudah mengumumkan akan membangun 1.600 unit perumahan baru di Jerusalem Timur. Pengumuman itu mendorong Palestina untuk menyatakan tidak bisa memulai pertemuan tidak langsung dengan Israel.
"Kuartet mendesak pemerintah Israel menghentikan semua kegiatan di pemukiman Yahudi, termasuk pertumbuhan natural, membongkar pos yang didirikan sejak Maret 2001 dan menahan diri dari penghancuran dan pengusiran di Jerusalem Timur," kata Sekjen PBB Ban Ki-moon, seperti dilansir BBC, Sabtu (20/3).
Hubungan Washington dengan Isreal semakin tegang karena masalah pemukiman tersebut. Sekjen PBB bertemu dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov, dan Ketua Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Baroness Ashton.
"Mengingat pendudukan Jerusalem Timur tidak diakui oleh komunitas internasional, Kuartet menggarisbawahi bahwa status Jerusalem adalah persoalan perundingan status permanen yang harus diselesaikan melalui perundingan pihak terkait. Kami juga mengecam keputusan pemerintah Israel untuk memajukan rencana pembangunan perumahan baru di Jerusalem Timur," kata Ban Ki-moon.
Dia menambahkan pembicaraan antara Palestina dan Israel harus menghasilkan sebuah kesepakatan yang mencakup sebuah negara Palestina dalam waktu 24 bulan. Namun rangkaian peristiwa yang terjadi di Timur Tengah, Kamis (17/3), memperlihatkan berbagai kesulitan yang dihadapi oleh kuartet.
Sebuah roket yang ditembakkan dari Jalur Gaza menewaskan seorang pekerja pertanian asal Thailand saat ia berada di sebuah lahan pertanian Israel. Pesawat tempur Israel menggempur enam sasaran di Gaza pada malam hari tetapi tidak ada laporan mengenai korban jiwa.

http://www.nonblok.com/blokglobal/politik/20100320/10551/ue.dan.rusia.kecam.israel
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Site

Label 1

Label 2

Comment Box

Labels