11 March 2010

Sesungguhnya orang-orang mukmin adalah bersaudara karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertaqwalah kepada Allah supaya kamu mendapat rahmat.(QS. 49:10)

Tafsir / Indonesia / DEPAG / Surah Al Hujuraat 10
إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ (10)
Dalam ayat ini Allah SWT menerangkan bahwa sesungguhnya orang-orang mukmin semuanya bersaudara seperti hubungan persaudaraan antara orang-orang seketurunan karena sama-sama menganut unsur keimanan yang sama yang kekal dalam surga. Tersebut dalam sebuah hadis sahih:

المسلم أخو المسلم لا يظلمه ولا يعيبه ولا يخذله ولا يتطاول عليه في البنيان فيستر عليه الريح إلا بإذنه ولا يؤذيه بقتار قدره إلا أن يغرف له غرفة ولا يشتري لبنيه الفاكهة فيخرجون بها إلى صبيان جاره ولا يطعمونهم منها ثم قال: احفظوا ولا يحفظ إلا قليل
Artinya:
Orang muslim itu adalah saudara orang muslim, jangan ia berbuat aniaya kepadanya, jangan ia membuka aibnya, jangan ia menyerahkannya kepada musuh, dan jangan ia meninggikan bangunan rumahnya sehingga menutup udara tetangganya kecuali dengan izinnya, jangan ia mengganggu tetangganya dengan asap masakan dari periuknya kecuali jika ia memberi segayung dari kuahnya, dan jangan ia membeli buah-buahan untuk anak-anaknya, lalu dibawa keluar kepada anak-anak tetangganya, kecuali jika mereka diberi buah-buaban itu. Kemudian Nabi saw bersabda, "Peliharalah (norma-norma pergaulan), tetapi sayang, sedikit sekali di antara kamu yang memeliharanya".
Dan pada hadis sahih yang lain dinyatakan:

إذا دعا المسلم لأخيه بظهر الغيب قال الملك: آمين ولك بمثله
Artinya:
Apabila seorang muslim mendoakan saudaranya yang gaib, maka malaikat berkata: "Amin, dan semoga kamu pun mendapat seperti itu".
Oleh karena persaudaraan itu mendorong ke arah perdamaian, maka Allah SWT menganjurkan agar terus diusahakan perdamaian di antara saudara-saudara seagama seperti perdamaian di antara saudara-saudara yang seketurunan, dan supaya mereka tetap memelihara ketakwaan kepada Allah; mudah-mudahan mereka memperoleh rahmat dan ampunan Allah sebagai balasan terhadap usaha-usaha perdamaian dan ketakwaan mereka.

Tafsir / Indonesia / Jalalain / Surah Al Hujuraat 10
إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ (10)
(Sesungguhnya orang-orang mukmin adalah saudara) dalam seagama (karena itu damaikanlah antara kedua saudara kalian) apabila mereka berdua bersengketa. Menurut qiraat yang lain dibaca Ikhwatikum, artinya saudara-saudara kalian (dan bertakwalah kepada Allah supaya kalian mendapat rahmat.)
http://c.1asphost.com/sibin/Alquran_Tafsir.asp?pageno=1&SuratKe=49#9
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Site

Label 1

Label 2

Comment Box

Labels