19 March 2010

TANGAN DIATAS LEBIH BAIK DARI PADA TANGAN DIBAWAH

TANGAN DIATAS LEBIH BAIK DARI PADA TANGAN DIBAWAH

TANGAN DIATAS LEBIH BAIK DARI PADA TANGAN DIBAWAH

Sesungguhnya pada sedekah terdapat pengaruh yang sangat menakjubkan dalam menolak berbagai musibah , Sesungguhnya Allah Swt akan menolak berbagai musibah karena sebab sedekah ..Orang2 yang beriman sangat sadar dengan kekuatan sedekah untuk menolak bala ... kesulitan ... dan berbagai macam penyakit , sebagaimana sabda RasulAllah Saw :
Bersegeralah bersedekah, sebab yang namanya bala tidak pernah mendahului sedekah ..Belilah semua kesulitanmu dengan sedekah..Obatilah penyakitmu dengan sedekah .

Setiap orang muslim dianjurkan untuk ber sedekah , baik laki2 atau perempuan . Bahkan Nabi Muhammad Saw menganjurkan kita untuk bersedekah setiap hari , Namun bentuk sedekah tidak sama bagi setiap orang , Bagi orang muslim sedekah bisa berbentuk
Sedekah dengan kebaikan ... Adapun sedekah dengan kebaikan ini bukan berupa harta , Rasulullah Saw bersabda .. " Pintu2 sedekah adalah bertakbir , bertasbih , bertahmid , bertahlil , beristigfar , memerintahkan kepada yang baik dan mencegah dari yang mungkar, menyingkirkan duri , tulang dan batu di jalanan yang dilalui orang , menuntun orang buta , membantu orang tuli untuk mendengar suatu perkataan .. semua itu adalah pintu sedekah bagimu terhadap dirimu . (HR . Ahmad)
Dari hadis tersebut bisa disimpulkan bahwa tidak ada alasan bagi siapapun untuk tidak bersedekah setiap harinya , Karena semua perbuatan baik yang kita lakukan apalagi bila hal tersebut bisa bermanfaat bagi orang lain maka hal tersebut juga merupakan sedekah .

Bagi mereka yang berharta adalah dengan Sedekah yg bisa berupa uang , hewan ternak , dan berbagai jenis harta benda lain yang dimiliki olehnya . Agama Islam sangat menganjurkan agar manusia yang berharta bisa memanfaatkannya di jalan Allah Swt serta bisa membantu sesama yang membutuhkan pertolongan .

" Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap2 bulir seratus biji . Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki . Dan Allah maha luas (kurnia-Nya) lagi maha mengetahui ". ( Qs. Al Baqarah : 261)

"Apa saja yang kamu nafkahkan pada jalan Allah niscaya akan dibalasi dengan cukup kepadamu dan kamu tidak akan dianiaya (dirugikan)." (QS. al Anfal : 60).

Dengan memberikan sedekah kepada orang yang membutuhkan berarti secara otomatis kita bersyukur atas (kelebihan) rezeki yang dikaruniakan Allah ta’ala kepada kita .

" Sesungguhnya jika kamu bersyukur , pasti kami akan menambah (nikmat) kepadamu , dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih." (QS Ibrahim : 7)

Memberikan sedekah juga dapat menghilangkan kesulitan kita di hari kiamat, sebab dengan bersedekah kita telah menghilangkan kesulitan dan kesusahan , Kebaikan ini tidak akan di sia2kan oleh Allah Swt sebagaimana dijanjikan melalui sabda Rasulullah Saw ...
“Barang siapa yang melepaskan kesusahan seorang Muslim di dunia, maka Allah akan melepaskan kesusahannya di akhirat….” (HR. Muslim)

beberapa hadist2 dari sabda Rasulullah Saw yg menerangkan ttg sedekah :

Tiap muslim di anjurkan bersedekah ... Para sahabat bertanya, "Bagaimana kalau dia tidak memiliki sesuatu?" Nabi Saw menjawab .. Bekerja dengan ketrampilan tangannya untuk kemanfaatan bagi dirinya lalu bersedekah , Mereka bertanya lagi .. Bagaimana kalau dia tidak mampu ?" Nabi menjawab .. Menolong orang yang membutuhkan yang sedang teraniaya , Mereka bertanya .. Bagaimana kalau dia tidak melakukannya ? Nabi menjawab .. Menyuruh berbuat ma'ruf , Mereka bertanya .. Bagaimana kalau dia tidak melakukannya ? Nabi Saw menjawab .. Mencegah diri dari berbuat kejahatan itulah sedekah . (HR. Bukhari dan Muslim)

" Bila seorang hamba telah meninggal , segala amalnya terputus , kecuali tiga hal .. amal jariyah , ilmu yang bermanfaat atau anak shaleh yang mendo’akannya " (HR. Bukhari )

" Barang siapa yang menanam suatu tanaman , kemudian ada burung atau siapapun yang mencari rezeki, yang makan dari tanaman itu, maka bagi penanam tersebut adalah sebagai sedekah " ( HR . Imam Ahmad dari Ibnu Khuzaimah )

"Hai anak Adam, infaklah (nafkahkanlah hartamu), niscaya Aku memberikan nafkah kepadamu." (HR. Muslim)

Pada satu kesempatan ... Rasulullah Saw ditanya seseorang sahabatnya tentang sedekah yang paling utama.
Kata beliau, " Engkau menyedekahkan harta itu pada saat engkau dalam keadaan sehat
dan di kala engkau benar2 menginginkan harta tersebut saat itu ." (HR Abu Dawud).

" Allah Swt menciptakan bumi , maka bumi pun bergetar .. Lalu Allah pun menciptakan gunung dengan kekuatan yang telah diberikan kepadanya , ternyata bumi pun terdiam , Para malaikat ter heran2 akan penciptaan gunung tersebut . Kemudian mereka bertanya? Ya Rabbi .. adakah sesuatu dalam penciptaanMu yang lebih kuat dari pada gunung ? .. Allah menjawab , Ada , yaitu besi .. Para malaikat pun kembali bertanya , Ya Rabbi .. adakah sesuatu dalam penciptaanMu yang lebih kuat dari pada besi ? .. Allah menjawab , Ada , yaitu api .. Bertanya kembali para malaikat , Ya Rabbi .. adakah sesuatu dalam penciptaanMu yang lebih kuat dari pada api ? .. Allah menjawab , Ada , yaitu air .. Ya Rabbi .. adakah sesuatu dalam penciptaanMu yang lebih kuat dari air ? .. tanya para malaikat , Allah pun menjawab , Ada , yaitu angin .. Akhirnya para malaikat bertanya lagi , Ya Rabbi .. adakah sesuatu dalam penciptaanMu yang lebih dari semua itu ? .. Allah yang Maha gagah menjawab , Ada , yaitu amal anak Adam yang mengeluarkan sedekah dengan tangan kanannya sementara tangan kirinya tidak mengetahuinya . ( HR . Anas Bin Malik )

Semoga kita menjadi hamba Allah yang senantiasa selalu ingat bersedekah baik dalam kondisi lapang maupun sulit , bahkan senyuman kita adalah sedekah .. , Jikapun kita sudah tidak memiliki apapun untuk diberikan , bersedekahlah dengan doa . Sesungguhnya Allah Swt senantiasa memberi kemudahan bagi kita untuk beramal shaleh dengan keikhalasan dan hanya berharap keridah'an dariNya .


YA ALLAH...
Selamatkan hidup kami didunia yg sementara ini , lindungilah kami pada hari yg tiada perlindungan melainkan perlindunganMU sehingga kami sampai ke Negeri Abadi dalam Kasih Sayang , Maghfirah ..dan Keridha'anMU .

YA ALLAH...
Telah Kami pilih jalanMU.. jalan yg mendekatkan diri kepadaMU .. jalan orang2 yg beriman dan beramal shaleh, Ampuni kami, Lindungi kami dan Jauhkan kami andai ini semua karena berdasarkan Nafsu , yg menjauhkan kami dari kerida'anMU,Karena tanpa kerida'anMU Sia2lah segala galanya yg kami lakukan .
Kami berlindung kepadaMU Ya Allah dari godaan Syetan Yg Berbisik dalam Hati Kami .

...Disetiap detik yg berlalu kita memohon kepada Allah Swt agar bertambahnya kebaikan, Kebersamaan kita bukan karena tujuan lain, selain Kebaikan dan Kebenaran, Silaturrahmi antar kita terpaut persaudaraan, Ukhuwah antara kita terjalin disini, di jalan ini , melalui media ini... 
http://atosugiarto.blogspot.com/2009/06/tangan-diatas-lebih-baik-dari-pada.html

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Site

Label 1

Label 2

Comment Box

Labels