01 January 2011

Kabel Diplomatik Inggris 1980 Sebut Israel Siap Serang Arab dengan Bom Atom

Kabel Diplomatik Inggris 1980 Sebut Israel Siap Serang Arab dengan Bom Atom

Jumat, 31/12/2010 12:48 WIB |

Seorang Duta Besar Inggris untuk Israel memperingatkan pada awal tahun 1980 yang menyebutkan Israel akan meledakkan bom nuklir dalam kasus perang baru dengan Arab, menurut dokumen rahasia negara yang sebelumnya dirilis pada hari Kamis lalu.

"Jika mereka (Israel) harus hancur, mereka akan turun berperang kali ini. Mereka akan siap untuk menggunakan senjata atom mereka," tulis Duta Besar John Robinson dalam kabel diplomatik ke Kantor Luar Negeri pada tanggal 4 Mei 1980.

Israel tidak pernah membenarkan atau membantah memiliki bom atom di bawah kebijakan ambiguitas untuk menghalangi pemeriksaan tim internasional.

Pesan Robinson, yang diterbitkan di bawah aturan yang memungkinkan media resmi Inggris merilisnya setelah 30 tahun, menyuarakan keprihatinan bahwa negosiasi AS tidak akan menyebabkan perjanjian yang komprehensif tentang konflik Timur Tengah.

"Selama belum ada kesepakatan di Tepi Barat dan Yerusalem yang meyakinkan warga Palestina, mereka akan didorong untuk semakin ekstremisme; pemerintah moderat di wilayah itu dan Barat akan semakin terancam; sehingga membuka peluang bagi pengaruh Soviet dan intervensi akan meningkat, dan sehingga akan terjadi bahaya perang baru, " kata kabel diplomatik itu. (fq/reu)


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Site

Label 1

Label 2

Comment Box

Labels