28 September 2009

Kadhafi Seru Pembentukan `NATO Selatan`

Kadhafi Seru Pembentukan `NATO Selatan`

Minggu, 27 September 2009 17:30 WIB |

Moammar Gaddafi ( ANTARA/REUTERS/Themba Hadebe)
Porlamar, Venezuela (ANTARA News) - Pemimpin Libya Moamer Kadhafi, pada KTT negara-negara Afrika-Amerika Selatan (ASA) kedua di Porlamar Sabtu menyerukan pembentukan kelompok `NATO dari Selatan` pada 2011.

Presiden Venezuela Hugo Chavez, yang telah sejak lama mengusahakan peningkatan hubungan di kalangan negara-negara non-Barat, membuka pertemuan di kota berpanorama indah Isla Margarita, di mana militer Venezuela membentuk pos-pos pemeriksaan dan melarang semua senjata.

KTT, yang diselenggarakan setelah pertemuan pertama pada 2006 di Nigeria itu, dihadiri oleh 30 kepala negara dan wakil dari 30 negara.

"Persatuan kami akan membantu keseimbangan dunia," kata Chavez.

Ia memuji Kadhafi dengan sebutan `saudara`, yang pada awal pekan ini menyerang negara-negara kuat Barat dalam pidatonya yang lama di Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

Pemimpin Libya itu, berpidato selama 95 menit di PBB, mengimbau Dewan Keamanan PBB untuk mengganti nama menjadi `Dewan Teror`.

Dia mendesak agar pembentukan `NATO negara-negara Selatan` itu dilakukan pada 2011 untuk menangkal blok militer Amerika Serikat dan negara-negara kuat Eropa.

Pembangunan infrastruktur energi dan proyek kerjasama minyak menjadi topik utama pertemuan itu. Namun demikian, pada deklarasi akhir, diharapkan mencakup sejumlah komitmen bersama bidang-bidang tertentu.

"Saya yakin bahwa kita akan punya serangkaian perjanjian mengenai masalah ini, yang akan menjadi perjanjian sangat penting," kata Menteri Energi dan Petroleum Venezuela, Rafael Ramirez.

Dia menambahkan bahwa perjanjian-perjanjian kerja sama itu akan membangun sumber daya alam dan kapasitas energi dalam negeri.

"Semua infrastruktur energi, baik di Amerika Selatan maupun di Afrika, dirancang dan dikembangkan untuk mencukupi keperluan energi negara-negara industri, yang menjadikan negara-negara kita adalah satelit mereka," katanya kesal.

Satu draft pernyataan KTT juga menyoroti perlunya membentuk arsitek keuangan baru untuk mengatur pasar dunia di tengah bencana krisis ekonomi, dan penolakan terhadap perdagangan gelap obat yang mengganggu kedua kawasan.

Chavez secara khusus memuji dan menyanjung Kadhafi sebagai pemimpin yang untuk pertama kalinya berkunjung ke Amerika Latin sejak dia memerintah 40 tahun lalu.

Media negara Venezuela sebelumnya melaporkan bahwa Kadhafi dan Chavez, yang keduanya adalah musuh tradisional AS dan negara-negara Barat, akan menandatangani delapan perjanjian kerjasama, Senin.

"Libya adalah pintu gerbang ke Afrika bagi kami, karena negara itu dikenal baik kebijakan sosialnya, yang memainkan peranan penting dan strategis bagi kami," kata Duta besar Venezuela di Tropili, Afif Tajeldine.

Chavez Sabtu juga menyatakan, bahwa Libya akan menjadi tempat bagi berlangsungnya KTT ASA berikutnya pada tahun 2011.

Presiden Brazilia Luiz Inacio Lula da Silva, salah seorang pendorong bagi KTT ASA pertama, sementara itu mengatakan bahwa dalam pertemuan itu `tidak ada tantangan global pada abad ke-21 yang tak bisa diatasi oleh Afrika dan Amerika Selatan, dan juga tidak ada tantangan yang bisa diatasi tanpa partisipasi kedua kawasan."

Selain Chavez, tamu penting pada KTT di kota wisata Karibia itu termasuk pula Presiden Argentina Cristina Kirchner, Presiden Zimbabwe Robert Mugabe dan Presiden Republik Demokratik Kongo Joseph Kabila. (*)

COPYRIGHT © 2009
http://antaranews.com/berita/1254047432/kadhafi-seru-pembentukan-nato-selatan
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

My Site

Label 1

Label 2

Comment Box

Labels